Mengenal Word Formation serta Jenis-Jenisnya


Word formation menjadi salah satu istilah yang perlu kamu kuasai saat sedang belajar bahasa Inggris. Sejatinya, materi yang satu ini biasanya diajarkan ketika kamu duduk di bangku perkuliahan. 

Dalam pembelajarannya, kamu akan mengetahui banyak hal mengenai kata imbuhan bahasa Inggris serta perubahan kelas kata.

Memangnya, apa, sih, pengertian dari word formation itu sendiri? Daripada semakin penasaran, yuk, simak penjelasannya di artikel ini sampai habis!

Pengertian Word Formation

Supaya kamu mudah dalam memahaminya, mari kita bahas mengenai definisinya terlebih dahulu.

Sejatinya, jika kamu belajar bahasa Indonesia, pasti akan menemui kata imbuhan seperti me-, -an dan lain-lain. Nah, dalam bahasa Inggris hal tersebut juga sama, yaitu ada kata imbuhan yang diberi nama prefix untuk imbuhan di awal kata dan sufiks untuk imburan di akhir kata. 

Prefiks dan sufiks sangat berhubungan denga word formation. Pasalnya, word formation adalah proses pembentukan kata yang biasanya ditambahi imbuhan kata prefix dan sufiks dengan tujuan mengubah kelas kata ataupun makna dari kata itu sendiri. 

Dalam belajar bahasa Inggris, pasti kamu sering menemukan imbuhan bahasa Inggris seperti -ly, -s, es, dan masih banyak lagi. Nah, hal tersebut tentu saja akan mengubah kelas kata dan membuat kata tersebut mengalami word formation. 

Jenis-Jenis Proses Pembentukan Kata (Word Formation)

Nah, pengenalan word formation sudah, selanjutnya kita akan membahas mengenai jenis-jenisnya:

1. Compounding

Proses pembentukan yang satu ini terjadi karena menggabungkan dua kata tanpa menghilangkan huruf yang ada. Jadi, ibaratnya seperti dua kata yang digabung, lalu mempunyai makna sendiri.

Contoh: home sama work jadi home work dan black sama board jadi black board.

2. Derivation

Derivation merupakan proses pembentukan kata dengan menambahkan affix atau imbuhan pada kata tersebut. Setelah kata diberi imbuhan, otomatis akan berubah juga kelas katanya.

Contoh: Come: datang. Ditambah be- di depan jadi become: menjadi

3. Clipping

Proses pembentukan kata yang satu ini berarti menghilangkan beberapa huruf dan biasanya akan menghasilkan kata yang baru.

Contoh yang seringkali kita jumpai yaitu kata influenza. Saat ini, orang-orang lebih sering menyebutkan dengan flu saja. Lalu, ada juga kata professor yang kerapkali ditulis atau disebut dengan kata prof saja. 

4. Conversion

Conversion yaitu proses pembentukan kata yang mengubah kelas kata tanpa mengubah bentuk kata tersebut.

Contohnya seperti ini:

bottle the water, empty the box, dan lain-lain.

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Word Formation serta Jenis-Jenisnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel